Powered By Blogger

Minggu, 12 September 2010

Khasiat dan manfaat Jamur Dipo / Kombucha


KHASIAT TEH JAMUR DIPO
Ajaib ! Kata inilah yang bisa menggambarkan secara tepat khasiat bahan atau senyawaan yang terkandung dalam Teh Jamur Dipo. Tak berlebihan kata ini disandangnya. Beberapa hasil survey dan penelitian telah membuktikan hal ini. Misalnya, penelitian yang dilakukan terhadap sejumlah pemakai Jamur Dipo yang terdapat di daerah Kargasok (Rusia), Polandia, Amerika, Cina, dan beberapa Negara lainnya.
Bagi penduduk Kargasok (Rusia), mengkonsumsi Jamur Dipo layaknya menikmati teh yang biasa dilakukan orang setiap hari. Akibat dari kebiasaan tersebut, banyak dari penduduknya yang berumur panjang, bahkan lebih dari 100 tahun. Uniknya, meskipun sudah tua, mereka tetap melakukan aktifitas layaknya orang yang masih produktif.
Masih di daerah bekas Uni Soviet,jamur dipo di pakai untuk mengobati para pecandu minuman keras. Setelah minum Jamur Dipo, keinginan untuk minum minuman beralkohol akan sangat berkurang. Lama-kelamaan kebiasaan minum minuman beralkohol yang sulit di tinggalkan akan berkurang bahkan di tinggalkan sama sekali.
Lain lagi yang terjadi di negeri Paman Sam. Mantan orang nomor satu di negeri tersebut, Ronald Reagan, rajin mengkonsumsi Jamur Dipo sebagai salah satu program kehidupan pribadinya dalam upaya penyembuhan kanker yang di deritanya.
Di negri Tirai Bambu, Teh Jamur Dipo ini disebut Kombucha. Teh kombucha telah dikenal manusia dalam kurun waktu yang sangat lama. Penduduk Cina sudah mengenal jenis teh fermentasi ini sejak sekitar 3.000 tahun yang lalu. Diketahui pula, sejak tahun 221 SM, para penduduknya sudah terbiasa meminum kombucha setiap hari dan sudah mengetahui khasiatnya.
Di Cina, teh kombucha ini popular dengan julukan jamur teh Manchuria. Asal usul nama ini tidak terlepas dari sejarah dinasti Manchuria, salah satu dinasti yang pernah berkuasa dinegri Tirai Bambu sejak dekade 1900 –an. Kombucha menjadi minuman keluarga dinasti Manchuria tersebut. Maka banyak orang menjuluki minuman ini adalah jamur Manchuria.
Kombucha jika turut dari segi kata berasal dari dua kata, yaitu “kombu” dan “cha”. Kombu adalah nama seorang Tabib dari Korea pada abad ke-5 Masehi, sementara kata “cha” diambil dari bahasa Cina bermakna “teh”. Konon cerita, pada sekitar tahun 414 SM, ada seorang Kaisar Jepang yang bernama Inkyo, suatu ketika mederita penyakit pencernaan kronis yang berkepanjangan dan tak kunjung sembuh. Atas petunjuk dari tabib dari negeri Gingseng tersebut, sang kaisar disarankan untuk meminum teh hasil racikan sang tabib tersebut.Setelah meminum teh racikan tabib tersebut, Sang Kaisar sembuh. Atas jasa dan sebagai rasa terima kasih bagi tabib tersebut, Sang Kaisar memberi nama ramuan tersebut dengan nama “kambucha” yang berarti teh ramuan sang tabib yang bernama Kombu.
The Jamur Dipo atau The Kombucha merupakan minuman tradisional hasil fermentasi larutan teh dan gula dengan menggunakan starter mikroba kombucha (Acetobacter xylinum dan beberapa jenis khamir) dan di fermentasi selama 7-15 hari. Selama proses fermentasi dan oksidasi berlangsung, terjadi bermacam-macam reaksi pada larutan teh-manis secara asimilatif dan disimilatif. Jamur teh memakan gula, dan sebagai gantinya memproduksi zat-zat bermanfaat yang dalam minuman tersebut, seperti asam glukuronat, asam laktat, vitamin, asam amino, antibiotik, serta zat-zat lain. Maka dari itu, jamur kombucha ini bagaikan sebuah pabrik biokimia mini.
Menurut penelitian, Teh Jamur Dipo / Teh Kombucha ini memiliki beberapa kandungan antara lain :
1. Vitamin B1 (Tiamin)
Tiamin atau yang lebih dikenal dengan nama vitamin B1 mempunyai peranan penting dalam tubuh manusia. Hal ini terutama dalam metabolisme karbohidrat untuk pembentukan energi, memelihara fungsi jaringan syaraf dan fungsi hati.
2. Vitamin B2 (Riboflavin)
Vitamin B2 diperlukan tubuh untuk memproses asam animo, lemak dan karbohidrat hingga menghasilkan energi yang disebut adenbosin trifosat (ATP)
3. Vitamin B3 (Niasin Nicotinic Acid)
Kadar kolestrol yang jahat dalam tubuh bisa diturunkan atas peranan vitamin B3.
4. Vitamin B6 (Piridoksin)
Vitamin B6 akrab dikalangan orang yang berusia diatas 40 tahun. Pasalnya pada usia matang ini daya serap vitamin diubah menjadi piridoksal fosfat yang merupakan koenzim dalam metabolisme berbagai asam amino
5. Vitamin B12 (Sianokobalamin)
Vitamin B12 bersama-sama dengan asam folat berperan penting dalam metabolisme antar sel di dalam tubuh. Kekurangan vitamin B12 membuat perkembangan tubuh menjadi lambat dalam waktu yang lama.
6. Vitamin B15
Vitamin B15 berperan sebagai penangkap radikal bebas dan oksigenerator jaringan tubuh. Vitamin ini juga disebut juga asam pangamik
7. Vitamin C
Vitamin C berperan dalam pembentukan substansi antarsel dan berbagai jaringan, serta meningkatkan daya tahan tubuh
8. Asam Folat
Asam folat berfungsi membantu sel-sel darah, menyembuhkan luka, membentuk otot, membantu proses pembelahan sel.
9. Asam Glukoronat
Asam glukoronat berfungsi mengikat atau mengonjungasi toksin atau racun, loga-logam berat dan lemak sehingga mudah larut dalam air, kemudian dikeluarkan melalui air kemih.
10. Asam Asetat
Asam asetat merupakan bagian terbesar dari asam yang dihasilkan oleh fermentasi kambucha. Asam inilah yang memberikan rasa asam pada minuman tersebut. Peran utama asam asetat adalah mengikat toksin dan bisa menjadi bentuk ester yang mudah larut dalam air, sehingga mudah dikeluarkan oleh tubuh.
11. Asam Hyaluronic (Asam Hyaluronidase)
Dan Asam Chondroitim Sulfat
Kombucha mengandung senyawa yang bisa membantu meringankan keluhan pada penderita rematik. Asam Hyaluronic me rupakan cairan pelumas pada persendian, sedangkan Asam Chondroitim Sulfat me rupakan bagian dari tulang rawan yang melapisi permukaan sendi dan berperan menjaga keutuhan serta kesehatan persendian
12. Asam Laktat
Asam laktat dikenal sebagaiasam susu yang berada didalam tubuh manusia sehat. Salah satu perannya adalah membantu metabolisme sel didalam tubuh. Salah satu peran asam laktat yang dihasilkan oleh kambuca adalah mencegah serangan penyakit kanker dengan cara menambah kandungan asam laktat didalam tubuh.
13. Asam Amino Esensial
Kombucha juga mengandung berbagai macam asam amino esensial, yakni asam amino yang diperlukan tubuh tapi tubuh sendiri tidak dapat membuatnya, jadi harus diberikan dari luar yakni melalui makanan dan minuman.
14. Acetaminophen
Kombucha mengandung senyawa yang sangat mirip dengan acetaminophen atau paracetamol. Fungsi senyawa ini adalah sebagai analgenik (penghilang rasa nyeri)
15. Enzim
Enzim adalah senyawa organik tertentu yang berperan memperlancar metabolisme zat-zat didalam tubuh.
16. Antibiotik
Antibiotik yang terkandung didalan kombucha terutama berfungsi membatasi pertumbuhan bakteri lain, terutama bakteri merugikan (patogen) yang dapat mencemarikoloni kambucha.
17. Kandungan zat lain
Selain beberapa senyawa yang telah disebut, ada beberapa zat lain yang terkan dung dalam kombucha diantaranya usnic, polifenol dan lainnya. Usnic acid (Asam usnic) berperan sebagai agen antivirus dan anti bakteri.
Sedangkan Teh jamur Dipo / Teh Kombucha ini memiliki beberapa manfaat dan khasiat antara lain :
1. Pencegahan kangker
Sejalan dengan temuan dibidang kedokteran dalam melawan kangker, Kombucha berperan mengendalikan sistem kekebalan tubuh. Zat-zat yang dikandungnya akan mengurangi, bahkan membunuh mikroba patogen sebagai salah satu penyebab kangker yang tidak dapat tumbuh menjadi kuat. Lingkungan basa ini disebabkan oleh kandungan asam laktat yang tinggi dalam cairan kambicha. Pengobatan kangker stadium awal, termasuk tumor, dengan cara dengan cara mengkonsumsi kombucha sebenarnya menganut prinsip “jamur dilawan jamur”
2. Memperbaiki Fungsi hati
Kandungan kombucha yang berperan terhadap perbaikan fungsi hati adalah asam glukoronat sebagai penawar racun dan asam folat. Asam folat bersama vitamin B 12 mengurangi homocysteine, yaitu zat perantara dalam sitesis sistein dan metionin yang menyebabkan penyakit hati. Sementara itu asam glukonat berperab menurubkan kadar glukosa didalam darah.
Fungsi hati atau lefer yang baik akan mempermudah peran kombucha dalam menanggulangi
suatu penyakit.
3. Membantu mengobati tekanan darah tinggi
Dengan mengkonsumsi kombucha, mengurangi makanan berkadar garam tinggi, berlemak dan menambah asupan makanan yang tinggi kandungan kalium, kalsium, magnesium dan makanan berserat, penderita hipertensi bisa mengalami penurunan tekanan darah secara bertahap, hal ini antara lain disebabkan oleh efek diuretik dari kombucha yang mampu meningkatkan produksi air seni. Diet ini akan lebih bermanfaat disertai olah raga yang teratur.
4. Pencegah stroke
Stroke, penyakit yang berkaitan dengan kerusakan otak karena adanya penyumbatan aliran darah ke dalamnya, bisa diakibatkan oleh dua hal. Pertama berkaitan dengan hipertensi. Lainnya adalah karena arteriosklerosis atau terjadinya penyumbatan pembuluh darah oleh kolesterol, bisa juga oleh kedua-duanya.
Kombucha merupakan metode penyembuhan yang sangat bagus bagi gangguan terjadinya penyumbatan pembululuh darah yang diakibatkan oleh endapan kolestrol dan pengapuran. Sakit pada kepala, vertgo, serta gangguan saraf bisa diatasai dengan mmengkonsumsi kombuca.
5. Pereda nyeri tenggorokan
Kasus nyeri tenggorokan, terutama adanya penutupan lendir pada tonsil (amandel) dapat ditangani dengan meminum kombucha. Kombucha yang diminum sampai perut dan masuk melalui darah kemudian membunuh bakteri yang ada di amandel. Jika kasusnya hanya nyeri pada tenggorokan cukup di kumur-kumur. Efek analgesik atau anti nyeri pada kombucha disebabkan adanya senyawa yang mirip dengan acetaminofen atau paracetamol dalam larutan kambucha.)
6. Penangkal racun
Mengkonsumsi kombucha setiap hari akan menetralkan asam, serta menangkal dan membersihkan racun di dalam tubuh akan dilarutkan oleh kombucha dalam bentuk senyawa asam glukoronat. Dengan demikian ginjal bisa mengatasi proses pembuangan lewat air kemih. Sejumlah racun di dalam tubuh seperti asam urea dan kolestrol akan diubah menjadi zat-zat yang bisa larut di dalam air pembuangan dan dikeluarkan dalam bentuk urine, keringan dan feses (kotoran).
7. Pengikis lemak dan kolesterol
Dengan mengkonsumsi kombucha bisa menambah kekuatan fungsi kelenjar dan meningkatkan metabolisme tubuh. Melalui peningkatan metabolisme, penimbunan lemak didalam tubuh yang terlalu banyak bisa dihindari.
8. Penjaga stamina tubuh
Kombucha (jamur dipo) tidak hanya bermanfaat bagi orang sakit, bagi orang sehatpun sangat bermanfaat besar sekali. Untuk orang sehat bisa menjaga stamina tubuh agar tetap sehat. Mengkonsumsi kombucha secara teratur akan merasakan khasiat nya secara langsung badan merasa segar walaupun selepas aktivitas yang melelahkan, kombucha berguna sebagai minuman suplemen makanan karena kombucha mengandung banyak vitamin dab zat-zat lainnya yang berguna.
9. Memperbaiki sistim pencernaan.
Keluhan berkaitan dengan pencernaan sering ditemukan. Gangguan ini bisa berupa sembelit, untuk mengatasi keluhan ini penderita biasanya bergantung pada obat pencahar. Dengan meminum Kombucha (jamur dipo) secara teratur keluan ini bisa diatasi dengan baik dengan disertai makanan sayur yang berserat tinggi .
Kombucha (jamur dipo) kebanyakan digunakan sebagai pengatur (regulator) organ pencernaan dan mengobati gangguan pencernaan yang berfungsi kurang baik. Pembengkakan sekitar duburatau anus, wasir atau ambien bisa diobati dengan mengkonsumsi kombucha secara teratur.
10. Mengatasi keluan persendian
Keluhan persendian berupa osteoarthritis, yakni arthritis akibat proses degeneratif karena rematik atau karena asam urat tinggi, bisa dikurangi dengan meminum kambucha secara teratur. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan zat asamhyaluronidase dan asam chondroitin dalam larutan kambucha. Akan tetapi kombucha tidak dapat digunakan untuk keluhan arthritis akibat infeksi bakteri. Keluhan jenis ini harus diatasi dengajn menggunakan obat-obatan antibiotik.
11. Membantu mengatasi keluan alergi
Akibat alergi dan kelainan pertahanan diri atau kalainan autoimmune dapat berupa asma bronchiale, kelainan kulit kronis dan lain-lain. Hal ini terjadi karena tidak berfungsinya zat antibodi dalam tubuh. Dengan meminum kambucha secara teratur, fungsi enzim yang berperan menjaga kesehatan tubuh akan diperbaiki.
12. Membersihkan kulit
Kombucha mempunyai pengaruh kuat dalam pembentukan dinding-dinding sel baru dalam proses regenerasi sel. Diyakini pula mengkonsumsi kombucha secara teratur besa membersihkan darah dan racun didalam sel-sel tubuh. Kombucha bisa digunakan sebagai obat pembersih kulit dan jerawat. Berdasarkan penelitian di India, kolono agen kombucha yang masih muda ( berbentuk lendir) untuk mengobati luka bakar.
13. Meringankan premenstrual pain (datang bulan)
Kombucha bisa digunakanmempunyai pengaruh kuat dalam pembentukan dinding-dinding sel baru dalam proses regenerasi sel. Diyakini pula mengkonsumsi kombucha secara teratur besa membersihkan darah dan racun didalam sel-sel tubuh. Kombucha bisa digunakan sebagai obat pembersih kulit dan jerawat. Berdasarkan penelitian di India, kolono agen kombucha yang masih muda ( berbentuk lendir) untuk mengobati luka bakar.

14. Membantu menenangkan jiwa
Efek dari kombucha yang lain yaitu bisa mengurangi ketegangan dan kecemasan. Penderita ketegangan jiwa yang mengkonsumsi kombucha akan merasa lebih pasrah dan rasa khawatirnya hilang. Penderita insomnia pun bisa terbantu dengan mengkonsumsi teh ini. Berdasarkan penelitian, efek ini muncul karena adanya kandungan asam laktat (lactic acid) dalam kombucha.
15. Membantu mengatasi kemandulan
Berdasarkan pengakuan dari beberapa penggguna yang mempunyai keluhan sewaktu datang bulan dan gangguan reproduksi, pemakaian kombucah secara teratur bisa mengatasi masalah ini. Terdapat 3-4 orang pengguna berhasil memperoleh keturunan yang sehat setelah pasangan tersebut mengkonsumsi kombucha secara teratur.

15 komentar:

  1. saya punya dirumah, tp saya gak tau se ajaib ini jamur dipo. Padaha disuruh minum saja saya gak mau.

    BalasHapus
  2. sebenarnya sya penesaran sekali dg jamur dipo, kok dengar2 kasiatnya banyak skali utk penyembuh berbagai macam penyakit. bagus buat nambah pengetahuan.

    BalasHapus
  3. jujur hari ini sya dksih jamur dipo n cara penyeduhannya, tp jujur aja ketika liat n tercium baunya saya langsung muntah, saat ini saya menderita asma,rematik,asam urat,kalo mau tidur kaki saya linu, dan saat ini setiap duduk jongkok, ketika sholat urat di tubuh saya kencang semua,saya sangat terganggu dgn kondisi ini, sya mohon kepada pakar penyakit ini, dan pra pengguna lainnya, bisa memberi saya masukan supaya sya lebih yakin, makasih banyak

    BalasHapus
  4. Rumah saya ungaran trus kalau mau beli jamur dipo dimana y

    BalasHapus
  5. Dulu pernah punya, tp Krn krg saya rawat jd mati. Kalo boleh dimana ya saya bisa membeli nya?

    BalasHapus
  6. jamur dipo itu yg di air dan makanannya gula bukan ? yg warna coklat jamur nya ? tolong jawab plis

    BalasHapus
  7. Udah bertahun tahun aku pelihara dan aku kusumsi sungguh menajupkan kasiat jamur jaya Dipo

    BalasHapus
  8. Yang mau
    Beli bisa langsung hubungi 081360655001

    BalasHapus
  9. Ini kontak hp & wa yang mau order jamur toko. 0821 8662 3383

    BalasHapus
  10. Ini kontak hp & wa yang mau order jamur toko. 0821 8662 3383

    BalasHapus